Pojok Kampus

Universitas Warmadewa Kukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Teknologi Pertanian

Universitas Warmadewa (Unwar) kembali melahirkan seorang Guru Besar Tetap. Prof. Dr. Ir. Luh Suriati, M.Si., yang dikukuhkan merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Teknologi Pertanian. Dengan demikian, kini Unwar memiliki 21 orang Guru Besar Tetap. Upacara pengukuhan Guru Besar berlangsung di Auditorium Widya Sabha Uttama, Kamis (21/9).

Pengukuhan dihadiri langsung oleh Perwakilan LLDIKTI Wil. VIII, Perwakilan APTISI, Ketua Yayasam Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Ketua Senat Unwar, Rektor Unwar, Para WR, Para Senat Unwar, Guru Besar Undangan dari PT Luar Unwar, Keluarga, dan Para Undangan.

Pengukuhan Guru Besar dilakukan langsung oleh Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP. Pada pengukuhan ini, Prof. Dr. Ir. Luh Suriati, M.Si., membawakan Orasi Ilmiah berjudul “Edible Coating dan Edible Film: Aplikasi Edible Fackaging Pada Produk Pangan”.

Rektor Unwar, Prof. Suranaya Pandit, mengatakan Lahirnya seorang Guru Besar Tetap ini, merupakan kado luar biasa bagi Unwar yang baru saja merayakan Dies Natalis ke-39. Apalagi, pada tahun 2023 ini akan lahir lagi seorang Guru Besar Tetap di Unwar.

Prof. Pandit, mengatakan semakin banyak Guru Besar yang dilahirkan akan menjadi vibrasi dan semangat bagi para dosen lainnya untuk segera meraih gelar akademik tertingginya. Dengan demikian, akan berdampak bagi peningkatan reputasi Unwar dikancah nasional, bahkan internasional. “Selamat kepada Prof. Dr. Ir. Luh Suriati, M.Si., yang telah mampu meraih gelar akademik tertingginya, semoga dengan gelar profesornya ini mampu membawa Universitas Warmadewa lebih maju ke depan sesuai dengan visinya, yaitu unggul, berwawasan ekowisata, dan go Asia Tenggara tahun 2026 menuju go global tahun 2034,” ujar Prof. Pandit.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Gede Oka Wisnumurti, mengucapkan selamat kepada Prof. Suriati yang telah berhasil mencapai gelar akademik tertingginya. Dikatakan, Prof. Suriati merupakan Guru Besar ke-21 yang dimiliki Unwar, dan Profesor ke-3 yang dikukuhkan tahun 2023 ini. Wisnumurti, mengungkapkan, akan ada seorang Profesor lagi yang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap di Unwar pada tahun 2023 ini.

Dengan dikukuhkanya Prof. Suriati sebagai Guru Besar Tetap, akan semakin memperkuat kedudukan lembaga Unwar. Sebab, seorang profesor memiliki tanggung jawab yabg besar dalam mengembangkan kelembagaan dan membangun kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Apalagi, Prof. Suriati dikenal sebagai seorang dosen yang teguh, mempunyai penelitian cukup banyak dari hasil kerjasama, begitu juga telah banyak menghasilkan karya tulisan berindeks scopus. Sehingga, ini bisa dijadikan rule model bagi dosen muda di Unwar dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Prof. Suriati, mengaku bersyukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena telah mampu meraih gelar tertingginya, sehingga dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap di Unwar bidang Ilmu Teknologi Pertanian. Sebab, gelar profesor yang diraihkan tidaklah mudah, namun dengan kedisiplinan, tetap fokus, dan konsisten semua proses bisa dilaluinya. Ia berharap ke depan bisa berguna bagi bangsa dan negara, institusi dan masyarakat. Selain itu, ia juga berharap bisa menginspirasi generasi muda bahwa tidak ada kata terlambat untuk mencapai sesuatu yang dicita-citakan.

Humas Unwar Melaporkan.

You may also like...